Air Terjun Tegenungan

Mau mencari yang anti mainstream di Bali, datanglah ke Air Terjun Tegenungan di Ubud. Kecantikannya bakalan bikin traveler terpesona. Air terjun Tegenungan dikenal juga sebagai air terjun Kemenuh, mengambil nama desa tersebut. Dari Denpasar butuh sekitar 45 menit berkendaraan.

Panorama alam Ubud terkenal cantik dengan hamparan sawah terasering nan hijau menyejukkan mata. Tapi tak hanya itu, di sana juga terdapat kesegaran tersembunyi Air terjun Tegenungan.

Air Terjun Tegenungan

Lokasi Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan berada di lokasi strategis di jalur wisata Sukawati-Ubud tepatnya di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Tegenungan tidak seperti air terjun lainnya di Bali yang pada umumnya terletak di desa terpencil dan perlu usaha keras untuk mencapainya.

Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan

Obyek wisata ini mulai buka dari pukul 08.00 wita. Untuk memasuki kawasan air terjun ini harga tiket masuknya Rp 15 ribu per orang. Apabila hendak naik ke tebing yang lebih tinggi lagi dikenakan biaya tambahan Rp 10 ribu per orang.

Fasilitas Air Terjun Tegenungan

Objek wisata ini sudah dikelola bagus sebagai tempat wisata di lengkapi dengan sarana toilet, kolam air pemandian serta Pura untuk beribadah bagi umat Hindu. Tersedia juga kafe dan restaurant serta para penjual oleh-oleh khas Bali di lokasi. Artshop maupun warung dengan mudah ditemukan disini jadi tak perlu khawatir jika merasa haus. Namun perlu diketahui jika mengunjungi air terjun ini hindari ketika musin penghujan karena air akan menjadi keruh.

Hal menarik dari Air Terjun Tegenungan

Untuk menuju air terjun harus menuruni ratusan anak tangga yang mudah dilalui karena sudah dibangun bagus dan kuat. Dari kejauhan di puncak tangga, tampak kesegaran air terjun dikelilingi oleh pemandangan hijau nan asri dari pepohonan dengan tanaman yang lebat nan rindang. Sungguh indah sekali.

Meski air tejun ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 15 meter, namun memiliki debit air yang sangat banyak. Tak heran bila gemuruh suara air terjunnya bisa terdengar dari kejauhan. Aliran air juga memiliki arus yang keras sekali. Untuk keselamatan para pengunjung dilarang berenang, berada di tepian tebing, apalagi melompat.

Terdapat beberapa penjaga air terjun seperti lifeguard di pantai yang bertugas di beberapa tempat yang rawan bahaya. Selain kesegaran yang diperoleh dari air terjunnya dan kilaunya yang indah memberikan warna tersendiri adalah kesejukan dan kedamaian untuk para penikmatnya.

Objek wisata ini juga menawarkan spot-spot terbaik untuk foto-foto. Ratusan lempeng batu yang disusun rapi menambah kecantikan air terjun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *